7 Cara Mengurangi Stress Untuk Kesehatan Mental

7 Cara Mengurangi Stress Untuk Kesehatan Mental
Admin 369 Pengunjung 18 Januari 2024

7 Cara Mengurangi Stress Untuk Kesehatan Mental

Dalam siklus kehidupan, kita tidak pernah lepas dengan beragam persoalan hidup yang membuat hati dan pikiran bergejolak. Persoalan hidup atau masalah sebenarnya diperlukan dalam siklus hidup manusia agar selain hidup tidak terus monoton, hadirnya masalah justru melatih otak kita untuk berpikir dan mencari jalan keluar sehingga berdampak pada perilaku kita untuk berhati-hati dan bijak dalam menyikapi masalah.

Namun, acapkali masalah yang hadir justru seperti air yang penuh, tidak ada ruang untuk tertampung di dalam gelas yang sudah terisi penuh dan akhirnya menimbulkan stress.

Stress datang ketika harapan tidak sebanding dengan ekspektasi atau masalah yang dihadapi diluar kemampuan dan diatas itu semua ada rasa takut yang menyelimuti sehingga menimbulkan stress. Nah, bagaimana cara agar kita bisa meminimalisir stress tersebut? Berikut adalah 7 cara memanagemen stress

 

1.Olahraga

Olahraga berfungsi untuk menurunkan stress karena secara alami dapat memunculkan hormon Endorfin, yaitu hormon mampu menimbulkan perasaan senang, nyaman hingga membuat seseorang berenergi. Aktivitas yang dilakukan bisa disesuaikan dengan kadar kemampuan fisik Anda. Bagi Anda yang jarang berolahraga, lakukan dalam intensitas ringan dahulu seperti jalan kaki, yoga. Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukan secara rutin setiap hari selama 20 hingga 30 menit.

2. Relaksasi Otot 

Ketika stress, otot tubuh menjadi tegang sehingga tidak bisa berpikir jernih dan pikiran pun kacau. Untuk itu perlu untuk membuat otot relaks dengan melakukan peregangan, pijat, mandi air hangat atau tidur.

3. Teknik Pernapasan Dalam

Teknik pernapasan dalam berguna dalam menurunkan stress. Ketika kita menarik napas dalam-dalam, sinyal mengirimkan ke otak untuk menyuruh kita tenang sehingga kita berpikir jernih.

Adapun cara pernapasan dalam, yakni:

  • Duduk dalam posisi bersila atau berbaring.
  • Tutup kedua mata.
  • Bayangkan diri berada di tempat yang nyaman, seperti pantai atau pegunungan.
  • Tarik napas dalam secara perlahan dan keluarkan pelan-pelan.
  • Lakukan cara ini selama 5 hingga 10 menit.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat terbukti dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang menyebabkan stress. Konsumsi makanan sehat justru menaikan kadar hormon bahagia atau mood baik.

5. Jangan Terburu-buru

Saat kita terburu-buru, risiko stress meningkat. Aturlah waktu lebih teratur dan sistematis. Misalnya, ketika kita buru-buru untuk berangkat kerja, maka buat waktu tidur lebih awal dan batasi gadget. Ketika di kantor pun demikian, buatlah planning atau jadwal runtutan pekerjaan yang paling penting yang harus dikerjakan lebih dahulu. Beristirahatlah jika sudah tertekan dengan pekerjaan atau tugas yang menumpuk minimal 10-20 menit, lalu memulai rutinitas seperti biasa lagi.

6. Beristirahat

Idealnya waktu tidur orang dewasa berkisar 7-8 jam. Waktu tidur adalah waktu bagi tubuh untuk relaks. Pastikan jika jam tidurmu baik, karena kurang tidur juga berdampak bagi stress Anda dan kualitas kesehatan. Selain tidur, melakukan yoga juga pilihan yang efektif untuk mengistirahatkan pikiran.

7. Melakukan Hobi

Cara menaikan mood bahagia, salah satunya dengan melakukan hal yang kita sukai atau hobi. Luangkan waktu untuk melakukan hobi di tengah kesibukan atau sisipkan hobi itu ketika kita sedang senggang.

 

Nah, itulah 7 cara untuk mengurangi stress. Stress memang tidak bisa dihindari, tapi sebagai si pemilik tubuh, kita punya hak untuk memelihara tubuh supaya sehat dan memiliki kesehatan mental yang baik.