Kenapa Perawat Wajib Mengikuti Pelatihan BTCLS ?

Kenapa Perawat Wajib Mengikuti Pelatihan BTCLS ?

Pelatihan Basic Trauma and cardiovascular Life Support [BTCLS] merupakan pelatihan yang paling dicari di Indonesia khususnya oleh perawat. Pelatihan BTCLS menjadi pelatihan wajib bagi setiap insan perawat. Mengapa demikian? Simak alasannya berikut ini!

1.    Bekal perawat dalam Penanganan Pasien Gawat Darurat Trauma dan Kardiovaskular
Perawat adalah profesi yang memiliki frekuensi paling sering berinteraksi dengan pasien. Di rumah sakit, kondisi gawat darurat seringkali dijumpai pertama kali oleh perawat.  Melalui pelatihan BTCLS, perawat akan memiliki bekal dalam melakukan  penanganan pasien dengan kegawatdaruratan trauma dan kardiovaskular baik di area pra rumah sakit, intra rumah sakit, klinik maupun puskesmas. Sehingga kasus kecacatan/kerusakan organ ataupun kematian akibat kasus kegawatdaruratan trauma/cardiovascular dapat dihindari.
 
2. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Keperawatan
    Semua petugas kesehatan berkewajiban untuk memberikan pertolongan kegawatdaruratan dengan cepat dan tepat, terutama perawat yang berada di garis terdepan, baik di fasilitas pelayanan kesehatan maupun di area pra rumah sakit. Hal tersebut sesuai dengan UU RI No. 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan, pasal 35 yang menyatakan bahwa dalam keadaan darurat, perawat dapat melakukan tindakan medis dan pemberian obat sesuai dengan kompetensinya. Perawat wajib mengikuti pelatihan BTCLS untuk meningkatkan profesionalitas dalam memberikan pelayanan terbaik.
 
3. Fresh Graduate: Salah Satu Modal  Melamar Kerja di Rumah Sakit Idaman
Bagi mahasiswa tingkat akhir ataupun fresh graduate, BTCLS menjadi bekal persiapan sebelum bekerja di rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Calon perawat yang memiliki sertifikasi Pelatihan BTCLS akan lebih diprioritaskan oleh rumah sakit yang sedang membuka lowongan dibandingkan pelamar yang tidak memiliki sertifikasi Pelatihan BTCLS.
 
4.    BTCLS Menjadi Salah Satu Syarat Untuk Persiapan Akreditasi RS
BTCLS menjadi salah satu pelatihan yang disyaratkan dalam daftar kebutuhan pelatihan untuk persiapan akreditasi rumah sakit.
 
5.    Pengumpulan SKP untuk STR
Total nilai Satuan Kredit Profesi (SKP) yang didapatkan dari pelatihan BTCLS cukup dapat mendongkrak untuk keperluan perpanjangan Surat Tanda Registrasi (STR) perawat. Biasanya total SKP Pelatihan BTCLS adalah  4 SKP. SKP pada pelatihan BTCLS yang berlaku untuk perpanjangan STR adalah SKP yang terakreditasi oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).
 
6.    Pendaftaran Tenaga Kerja Haji Indonesia (TKHI)
Bagi Anda yang ingin mengikuti recruitment TKHI, maka sertifikat BTCLS ini menjadi salah satu syarat berkas yang harus dilengkapi khususnya bagi perawat.
 
7.    Institusi Pendidikan: Meningkatkan Nilai Jual Alumnus Di Pasar Kerja
Ilmu praktis sangat penting bagi para mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir. Karena tidak semua bisa didapatkan mahasiswa di bangku kuliah. BTCLS merupakan sekumpulan ilmu dan praktik yang sangat aplikatif untuk diterapkan baik area pra rumah sakit, intra rumah sakit maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Dengan mengikuti BTCLS, maka mahasiswa keperawatan tingkat akhir akan lebih siap untuk bekerja dalam memberikan pelayanan kesehatan. Hal tersebut tentunya dapat memberi citra yang baik bagi institusi pendidikan yang memberikan pelatihan yang aplikatif bagi para mahasiswa didiknya.
  
8.    Bekal dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
Masyarakat Ekonomi ASEAN turut mempengaruhi wajah keperawatan Indonesia. Perawat merupakan salah satu daftar prioritas yang akan dilibatkan dalam pasar MEA.  Pintu gerbang telah terbuka lebar bagi perawat yang ingin bekerja di luar negeri begitupun sebaliknya, Indonesia harus bersiap-siap akan kedatangan perawat-perawat dari luar negeri. Perawat Indonesia dituntut untuk dapat bersaing dengan perawat-perawat dari luar negeri. Pelatihan BTCLS merupakan salah satu media untuk meningkatkan kompetensi perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan di era MEA.
 

So, adakah diantara rekan-rekan yang masih belum mengikuti Pelatihan BTCLS? Atau kompetensi dan sertifikasi Pelatihan BTCLS yang Anda miliki sudah kadaluarsa?