26 September
Pelatihan BTCLS di Kabupaten Kolaka Utara

Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara Propinsi Sulawesi Tenggara bekerjasama dengan Pro Emergency dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kab. Kolaka Utara menyelenggarakan pelatihan Basic Trauma Life Support (BTLS) dan Basic Cardiovascular Life Support (BCLS) untuk pertama kalinya bagi perawat-perawat yang bekerja di unit-unit pelayanan kesehatan Kabupaten Kolaka Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada ahri Jum'at-Selasa 1-5 April 2016 di hotel Berlian kecamatan Lasusua. Acara diawali dengan pembukaan oleh sekretaris Dinas Kesehatan Ibu Nurjaya SE, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk dilaksanakan mengingat tingkat kejadian trauma dan penyakit jantung cukup tinggi di wilayah Kolaka Utara.

Pelatihan ini diikuti oleh 32 orang perawat yang merupakan perwakilan dari rumah sakit dan puskesmas setempat. Untuk dapat mengikuti pelatihan ini calon peserta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut : memiliki ijasah keperawatan minimal diploma III, memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), PNS, memiliki kartu anggota PPNI dan lama bertugas minimal 5 tahun.

Acara pelatihan ditutup langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Bpk. Alias, SKM, M.Kes pada hari selasa tanggal 5 April 2016. Pada sambutannya beliau berharap agar alumni pelatihan membentuk komunitas khusus (grup) sehingga kedepan dapat menjadi pelopor/agen dalam memanfaatkan/menyebarkan ilmu kegawatdaruratan. Beliau juga berpesan agar peserta dapat terus meng-update ilmu kegawatdaruratan melalui berbagai media, mengingat perkembangan ilmu kesehatan yang sangat cepat dan dinamis.